0 Dilihat

Hal hal yang menyebabkan copycenter kamu ditinggalkan pelanggan



Dalam menjalankan sebuah bisnis memang kita dituntut untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru atau ide-ide menarik agar bisnis yang kita kelola menjadi kian berkembang dan tentunya mendapatkan penghasilan yang memadai. Seperti halnya bisnis jasa fotocopy atau yang biasa dikenal dengan sebutan copy center. Jasa fotocopy akhir-akhir ini memang kian bertambah jumlahnya, jika dulu lokasi jasa fotocopy sulit ditemukan, namun saat ini jasa fotocopy sudah mudah untuk ditemukan, malahan biasanya terdapat hingga 3 toko bahkan sampai 6 toko dilokasi yang terlihat strategis


Mengelola bisnis jasa fotocopy memang harus ekstra sabar dan bijaksana, karena setiap hari kita melayani macam-macam pelanggan, yang mana watak dan perilaku pelanggan tersebut sangat berbeda-beda, ada yang sabar, keras, rewel, cerewet dan lain-lain. Kalau kita tidak sabar atau gampang marah jika menyikapi pelanggan yang keras, rewel dan cerewet, maka besar kemungkinan pelanggan tersebut akan kabur dan lebih memilih jasa fotocopy lainnya, karena apa? karena pelanggan tersebut merasa tidak dihargai atau dihormati, karena yang namanya Pembeli adalah Raja. Nah berikut ini ada 6 hal yang membuat pelanggan fotocopy Anda kabur ke jasa fotocopy sebelah, apa saja itu?

1.Hasil Fotocopy Jelek atau Kurang Hitam. Hasil fotocopy yang kurang bagus juga bisa menyebabkan pelanggan fotocopy Anda kabur ke jasa fotocopy sebelah, karena sudah jelas bahwa pelanggan manapun pasti menginginkan hasil yang terbaik. Untuk itu jagalah hasil fotocopy Anda senantiasa bagus, adapun untuk menjaga hasil fotocopy selalu bagus adalah selalu rutin untuk membersihkan sisa-sia tinta yang menempel pada korona, baik itu korona atas maupun korona bawah. Selain itu bersihkan juga debu-debu yang menempel pada mirror atau kaca mesin fotocopy Anda, jika korona dan kaca senantiasa bersih, maka otomatis hasil fotocopy akan senantiasa bagus dan cerah.

2.Peralatannya tidak lengkap. Peralatan yang kurang lengkap juga bisa mengakibatkan pelanggan copy center Anda akan beralih ke jasa fotocopy lain, karena apa? karena pelanggan inginnya apa yang diinginkannya bisa dilakukan ditempat Anda waktu itu juga, ini dimaksudkan agar pelanggan tersebut tidak pergi lagi ke tempat lain yang mana hal tersebut akan menambah waktu lagi bagi pelanggan Anda. Yang saya maksud perlatan disini adalah seperti Alat Staples/Stapler, Mesin Laminating, Alat Pres Mika, Alat Jilid Spiral baik yang kawat maupun yang plastik, alat pemotong kertas baik yang kecil maupun yang besar. Untuk itu lengkapilah copy center Anda dengan peralatan yang sebagaimana umumnya copy center.



3.ATK atau alat tulis kurang lengkap. Perlu diketahui bahwasannya orang yang datang ke tempat copy center tidak hanya membutuhkan penggandaan dokumen saja, melainkan juga membutuhkan ATK atau alat tulis sekolah dan kantor, karena ATK sudah menjadi bagian dari copy center. Untuk itu lengkapilah copy center Anda dengan ATK yang memadai, sementara itu dengan adanya ATK yang memadai maka tampilan copy center Anda terlihat lebih menarik dan professional.

4.Mesin fotocopy Anda cuma 1. Harga Mesin fotocopy memang sangat lumayan mahal, mungkin inilah yang mengakibatkan kita tidak menambah-menambah jumlah mesin fotocopy di copy center, memang dibutuhkan dana yang lebih jika ingin menambah mesin fotocopy lagi, tapi lebih baik lagi kita menambah mesin fotocopy, misalnya jumlahnya ada 2, syukur-syukur kalau lebih dari 2. Karena sudah jelas bahwa orang yang datang ke tempat fotocopy Anda ingin cepat-cepat menggandakan dokumennya. Untuk itu sebaiknya Anda tambah lagi mesin fotocopy Anda jika ditempat Anda mesinnya cuma 1 unit. agar pelanggan Anda tidak lari ke tempat copy center lain yang jumlah mesin fotocopy nya lebih dari 1.
5.Pelayanan kurang cepat. Satu hal lagi yang menyebabkan pelanggan Anda kabur ke jasa fotocopy lainnya adalah karena pelayanannya kurang cepat, karena apa? karena hampir 90% orang yang datang untuk fotocopy adalah sifatnya terburu-buru dan penting, karena ini menurut pengalaman kami dan menurut pengamatan kami. Untuk itu lebih cepatlah dalam menanggapi dan melayani pelanggan fotocopy Anda, agar pelanggan Anda merasa di perhatikan







6.Tidak Sabar. Seperti yang telah diketahui bahwasannya Pembeli adalah Raja, maka kemauan seperti apapun pelanggan tersebut harus kita layani semaksimal mungkin. Namun yang menjadi masalah adalah terkadang pembeli atau pelanggan tersebut meminta hal yang aneh-aneh, nah biasanya hal seperti inilah yang mengakibatkan kita naik darah, untuk itu bersikaplah yang sabar dalam melayani pelanggan fotocopy Anda agar pelanggan fotocopy Anda tidak kabur atau lari ke toko lain. Memang sih bersikap sabar itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun disinilah letak perjuangan kita.

Baca juga:ini dia tips bersaing dengan alfamart dan indomaret di jaman now


EmoticonEmoticon