mengatasi problem cetak foto yang jelek

Untuk mengatasi problem cetak foto yang jelek  anda perlu memperhatikan beberapa kiat / trik / tips mencetak foto yang bagus .   simak cara cetak foto agar hasilnya  bagus, tidak pecah, halus dan indah kualitasnya :

  1. Gunakan jenis kertas foto yang sesuai dengan kepentingan kita. Ada beberapa macam / jenis kertas foto yaitu Doff yang cenderung mempunyai permukaan seperti kulit jeruk, yang kedua adalah jenis kertas photo Glossy dengan sifatnya yang mengkilat. Dua macam kertas photo tersebut saya kenal ketika saya berkecimpung dalam usaha cetak foto analog yang waktu itu masih menggunakan film sebagai media penyimpanan hasil pemotretan. Kini ketika menggeluti usaha cetak foto digital jenis kertas foto yamg saya kenal di pasaran adalah Silky dengan permukaan mirip dengan kertas doff tetapi sedikit lebih rata,  dan yang kedua alah kertas photo glossy. Gunakan jenis kertas glossy bila ingin hasil cetakan yang tajam, detilnya lengkap dan nampak mengkilat mengkilat. Sebaliknya gunakan yang doff.
  2. Kalibrasi warna monitor komputer dan printer Untuk memperoleh warna dan tingkat kecerahan photo yang tepat dan bagus hal yang harus dilakukan adalah melakukan setelan atau setting kalibrasi warna antara komputer dan printer. Tujuannya adalah untuk menyamakan warna dan tingkat kecerahan antara gambar atau photo yang terlihat di komputer atau laptop kita dengan warna dan tingkat kecerahan dari foto yang keluar dari mesin printer kita.  Ini kita lakukan dengan proses trial and error alias coba-coba. Bila hanya mengandalkan setting default maka jarang sekali diperoleh hasil warna dan kecerahan yang pas sesuai dengan kehendak. Perlu diketahui settingan yang telah jadi hanya cocok untuk jenis tinta dan merek tinta tertentu. Jadi bila tinta yang kita pakai diganti dengan jenis dan merek lain bisa jadi untuk hasil cetak foto baik juga perlu dilakukan setting kalibrasi ulang lagi.
  3. Berkaitan dengan tulisan tentang tips cetak foto dengan printer ini, kualitas atau mutu cetak foto adalah point utama yang menjadi target yang kita tuju. Ada dua hal yang mempengaruhi kualitas atau mutu cetakan yang kita hasilkan yaitu pengaturan settingan kualitas pada printer dan kualitas file photo yang akan kita cetak.
    • Setting kualitas pada printer. Ketika pertama kali saya mencetak foto hasil yang keluar dari mesin printer saya kurang halus. Ternyata setelah saya cek di settingan printer memang belum di setting ke kualitas yang tinggi sehingga tinta yang tercetak di kertas foto masih kurang rapat / padat seperti halnya foto hasil dari photo studio. Setelah saya mengatur setting ke best photo pada printer saya hasilnya menjadi bagus. Setiap printer mempunyai nama kualitas sendiri-sendiri. Sesuaikan untuk printer anda.
    • File foto kualitas tinggi.  Hail print yang bermutu bagus hanya bisa diperoleh dengan syarat file foto yang akan kita cetak juga harus memiliki kualitas yang bagus juga. Terlebih lagi photo yang kita pilih adalah berukuran sangat besar. Sehingga kenapa banyak diantara kita sering bertanya-tanya kenapa hasil cetak foto jelek begini? Ya ... mana bisa hasil printout menjadi bagus sementara file foto yang akan dicetak hanya dengan HP yang seadanya saja. Ini adalah salah satu bagian penting berkaitan dengan tips mencetak foto dengan printer agar hasilnya bagus dan berkualitas.
  4. Berkaitan dengan keawetan foto hasil cetak maka ada beberapa hal yang perlu kita  perhatikan agar hasil cetak foto awet.
    • Kertas foto pilih yang bagus. Ini berhubungan dengan lapisan yang ada pada kertas yang berfungsi untuk mengikat partikel-partikel tinta cetak yang kita pakai. Harga kertas foto yang murah tentu saja berbeda kualitasnya dengan harga kertas photo mahal.
    • Tinta printer yang kita pakai. Ada banyak jenis tinta yang ada di pasaran. Pilih saja yang menghasilkan cetakan yang awet, sesuai dengan pengalaman anda.
    • Laminasi. Dengan tambahan laminasi paling tidak bisa menghambat kontak oksigen atau udara dengan tinta yang tercetak pada kertas foto. Sehingga keawetan foto bisa lebih meningkat. 
  5. Edit photo memakai photo editor. Banyak sekali software untuk mengedit foto yang akan kita cetak. Yang paling banyak disukai terutama saya sendiri adalah photoshop photoshop. Memang bagi saya program photo editor dari Adobe corporation ini menjadi pilhan yang cukup handal untuk proses mengolah photo yang akan kita cetak. Pengalaman mencetak foto dengan printer untuk pertama kali bagi saya, photoshop ini saya pakai beberapa hal antara lain :
    • Mengatur warna dan kecerahan foto
    • Membuat ukuran foto atau setting ukuran cetak photo atau gambar
    • Memperbaiki komposisi
    • dan lain-lain
  6. Untuk itu penggunaan software editor photo sangat penting sekali bagi kita yang berkecimpung di dunia cetak foto apalagi yang akan bergelut di bisnis usaha cetak foto. 


EmoticonEmoticon