0 Dilihat

simak tips awal buka cetak foto lewat hanphone maupun kamera digital

Bagi anda yang akan membuka usaha cetak foto dari HP ( Hand phone ) atau dari kamera digital tulisan ini barangkali bisa menjadi bahan referensi atau pertimbangan.

Berikut ini adalah daftar peralatan usaha cetak foto studio digital.
  1. Printer.
    Printer yang saya pakai awalnya adalah printer dengan tinta 4 warna sudah cukup untuk mencetak photo atau gambar dengan ukuran maksimal adalah ukuran A4. Kini setelah ada perkembangan usaha yang saya jalankan telah membeli lagi mesin cetak dengan tinta 6 warna. Memang hasilnya lebih memuaskan. Karena alat yang satu ini sangat rawan terhadap kerusakan maka anda perlu membaca tulisan saya tentang cara merawat printer agar awet dan tahan lama
    .
  2. Komputer.
    Komputer yang saya pakai waktu awal menjalankan usaha menggunakan processor Pentium 4 (P4) dengan RAM 500 Kb. Setelah dirasa kurang cepat dalam proses editing maka waktu itu RAM saya tingkatkan menjadi 4 Giga bite dan cukup lumayan cepat. Waktu itu harga komputer baru saya adalah 3 jutaan. Sekitar seminggu yang lalu saya membeli komputer bekas dengan harga komputer bekas hanya Rp 500 ribu, dengan spesifikasi hampir sama dengan komputer lama saya.
  3. Kamera DLSR (Digital Lens Single Reflect).
    Ini berfungsi untuk memotret pelanggan yang akan membuat foto di studio saya. Sangat cukup untuk melengkapi alat cetak foto mini saya.
  4. Peralatan Studio photo
    Peralatan studio photo antara lain : Kamera DLSR (pada nomer 3 di atas), Lampu studio minimal dua yang masing-masing dilengkapi dengan tripod sebagai tiang penyangga dan payung sebagai reflektor cahaya lampu studio, dan background polos warna merah, biru, dan kuning, background abstract warna biru dan coklat.
  5. Scanner.
    Yang saya pakai adalah scanner untuk scan film negatif atau klise dan scan foto atau gambar. Waktu itu harganya sekitar 1 juta. Kini teman saya membeli dengan harga scanner baru hanya sekitar separuhnya
    .
  6. Infra Red.
    Fungsinya untuk mengirim photo dari HP pelanggan ke komputer kita. Ini abaikan saja karena sudah terlalu kuno. Kini diganti dengan nomor 7 di bawah ini.
  7. Bluetooth.
    Perangkat yang bernama Bluetooth ini berguna sebagai file transfer data file foto. Biasanya untuk menerima kiriman atau pindahan foto dari HP ke komputer kita. 
  8. Card reader.
    Berfungsi untuk membaca file foto yang ada di memori milik pelanggan kita. Yang saya punya adalah card reader yang bisa membaca segala tipe memori, Baik Micro SDHC, SDXC, M2, SanDisk, CF atau Compact Flash, MS pro/Xc, MS duo. Menurut pengalaman saya kalau Card reader yang murah proses membacanya sangat lambat apalagi bila semori yang akan kita baca berisi file dengan ukuran sangat besar. Maka pilih saja yang mahal kalau ada dana.
  9. Gunting atau pemotong kertas.
    Fungsinya tentu saja untuk memotong kertas hasil dari cetakan foto yang telah jadi.
  10. Smart phone.
    Yang saya pakai adalah yang murah. Mengapa ini kita perlukan? Ya karena HP pintar ini bisa kita pakai untuk menerima kiriman atau pindahan file photo atau gambar dari pelanggan yang akan mencetak di tempat kita . Ya ini karena terkadang komputer kita gagal menerima kiriman foto dari perangkat lain misalnya HP dengan merek tertentu melalui Bluetooth. Jalan keluarnya terkadang kirim dulu ke HP kita lalu kirim ke komputer kita.
Itulah daftar peralatan atau perlengkapan apa saja yang di perlukan untuk menjalankan usaha cetak foto digital