penyebab lcd foto copy canon kita cepat mati atau rusak simak gan

dikutip dari pt udm.com

kalau mesin Fotocopy kita ibaratkan manusia maka LCD merupakan wajahnya, dimana semua fitur dapat dilihat di LCD dan sebagai media untuk berkomunikasi dengan Mesin, namun bagaimana jika media ini mati? maka kita otomatis tidak akan bisa menggunakan mesin tersebut,karena kita tidak bisa berkomunikasi dengan mesin.

Adapun hal hal yang membuat LCD ini mati adalah tegangan listrik yang naik turun dan tiba tiba listrik mati, bila anda menemukan hampir semua mesin anda LCD nya bermasalah, lebih baik anda mulai menggunakan stabilizer guna menstabilkan tegangan.
Penyebab kedua yang membuat LCD cepat rusak adalah pemakaian yang kasar seperti menekan layar dengan menggunakan obeng ,menekan dengan keras, menekan dengan bollpoin,dapat dipastikan LCD anda akan segera wasalam.

LCD mati namun lampu power hidup, kasus seperti ini pernah saya alami pada mesin saya IR 5000, yang mana ketika mesin di hidupkan lampu power langsung menyala namun LCD mati, ditunggu beberapa menit proses pemanasan dapat berjalan dengan lancar, artinya mesin ini tidak ada masalah karena mampu melakukan proses awal dengan baik.Analisa pertama, mesin tidak masalah, yang masalah pasti di sekitaran jalur arus ke monitor.

 
Mulailah langkah untuk mencari penyebab kerusakan ini, dari beberapa diskusi di internet didapat suatu petunjuk bahwa power supply LCD yang ada di bawah tombol sudah mati, cobalah langsung ke TKP copot monitor dan menganti apa yang disarankan sobat sobat yang lain, selesai penggantian langsung di test , ternyata hasilnya masih sama.

Sedikit bingung dan coba tanya lagi sana sini, ada yang punya saran untuk mengganti PCB yang ada di belakang DC Control, bagi sobat yang masih awam tentang nama nama bagian mesin fotocopy sobat buka saja tutup mesin belakang dan disana akan ada tulisan DC Control, buka satu blok platnya jangan dibuka DC Controlnya saja, karena PCB ini menempel pada plat DC Control.

langsung saja saya ganti dan pasang kembali, agak merepotkan memang karena banyak yang mesti di copot, setelah semua beres benar saja LCD normal kembali dan dapat digunakan lagi.

 
Biaya yang harus anda keluarkan untuk mengganti LCD ini sangat mahal maka dari itu gunakan dan rawatlah dengan hati hati agar umur dari mesin anda menjadi panjang


EmoticonEmoticon